Jumat, 23 Maret 2018

Perbaikan dan penyetelan pada karburator dan pengenalan komponennya

Perbaikan dan penyetalan karburator - Sepeda motor sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk masyarakat karena kendaraan ini dapat leluasa menerobos kemacetan khususnya yang tinggal di ibukota, Selain itu suku cadangnya juga dengan harga yang relatif terjangkau.


bagi sebagian orang melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel resmi merupakan hal yang jarang dilakukan, lebih-lebih dapat melakukakn perawatan dan perbaikan sendiri di rumah menjadi pemilik sepeda motor enggan melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel resmi.


meneruskan artikel sebelumnya tentang analisa suara "brebet" pada motor jenis karburator, disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang karburator.


Pada kendaraan bermotor, karburator merupakan komponen yang vital apabila tidak dirawat dengan baik akan terjadi kerusakan yang fatal. Karena peran dari karburator itu sendiri sebagai penampung bahan bakar dari tangki yang di suplay melalui selang vakum bensin lalui di teruskan ke ruang bakar, bukan hanya itu saja karburator juga berperan sebagai pengatur keluarnya bahan bakar melewati intake manipold menuju ruang bakar.
Terdapat beberapa komponen pada karburator di antaranya :

1. Katup gas

     Katup gas atau yang lebih dikenal sebagai skep berbentuk tabung dan bergerak naik turun. Gerakan naik turun ini membuat diameter ventury bervariasi, dan ini yang menyababkan karburator pada motor masuk dalam type variable ventury konstan. Saat katup gas berada di bawah  maka aliran udara akan terhambat dan mengakibatkan RPM mesin menjadi rendah dan sebaliknya apabila katup gas berada di atas maka aliran udara menjadi besar sehingga RPM mesin menjadi naik.


2. Per katup gas

     Posisi pada bagian ini berada diatas katup gas dan memiliki tutup yang berfungsi untuk menjaga katup tetap tertutup dan membalikan katup gas apabila gas ditarik ketika melakukan deselerasi.


3. Jarum pelampung

    Fungsi dari jarum pelampung ini sebagai pengatur volume bahan bakar di dalam ruang penampungan bahan bakar agar tidak berlebihan, sehingga menyalurkan bahan bakar menuju intake manipold dapat berlangsung normal.


4. Pelampung

    Komponen ini terbuat dari plastik ringan dan fungsi dari komponen ini sebagai penggerak ujung jaruk pelampung agar tertutup, ketika volume bahan bakar di ruang pelampung meningkat menjadikan pelampung semakin naik. Kenaikan pelampung akan menggerakan jarum pelampung sehingga aliran bahan bakar tertutup, yang mengakibatkan suplay bahan bakar terhenti sehingga volume bahan bakar di ruang pelampung akan berkurang.


5. Pilot jet

     Sebagai penghubung bahan bakar diruangan pelampung dengan ruang katup gas sebelum menuju intake manipold dan funsi lain dari pilot jet sebagai pengakhir suplay bahan bakar ketika mesin pada idle RPM.


6. Main jet

     Saluran utama pada karburator yang menghubungkan bahan bakar kedalam ventury saluran udara menuju intake manipold yang akan men-suplay bahan bakar ke dalam ruang bakar.


7. Needle jet

     Needle jet adalah sebuah jarum untuk mengatur volume bahan bakar yang keluar dari main jet jarum ini digerakkan oleh katup gas, gerakan naik turun katup gas akan mengerakkan naik turunnya needle jet.


8. Air pilot

    Air pilot merupakan saluran yang memanjang dari ruang sebelum katup gas ke ruang setelah katup gas. Air pilot ini akan menyatu dalam saluran pilot jet sehingga apabila aliran udara melewati air jet bahan bakar akan tercampur dalam saluran ini, material yang keluar dari saluran pilot jet sudah tercampur udara dan bahan bakar.


9. Sekrup penyetel

     Terdapat 2 ( dua ) buah sekrup penyetel pada karburator, di antara :
     a. Sekrup penyetel udara digunakan untuk mengatur jumlah udara yang masuk saat idle tanpa mengunakan system choke.
     b. Sekrup penyetel gas digunakan untuk mengatur idle RPM pada mesin.


10. Mangkuk penampung bahan bakar karburator

      Ada 2 (dua )Fungsi dari mangkuk penampung bahan bakar karburator ini, fungsi pertama  sebagai penampung bahan bakar yang akan men-suplay ke ventury dan fungsi kedua  sebagai cover pelindung komponen lainnya, mangkuk penampung ini  harus dapat menampung bahan bakar tanpa terjadi kebocoran dengan tekanan yang stabil.


Sedangkan untuk masalah perbaikan dan penyetelan pada karburator dapat dilakukan, sebagai berikut :

Mesin tersendat saat stasioner

  1. Putar sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup, ini dimaksudkan untuk memperbanyak udara dengan bahan bakar.
  2. Pindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar, lalu
  3. Ganti katup gas dengan mengunakan jarum yang berdiameter lebih kecil, ini di maksudkan supaya campuran udara dan bahan bakar di ventury menyemprot lebih besar.

Mesin tidak bertenaga dan mengeluarkan asap hitam

  1. Putar sekrup udara berlawanan arah jarum jam atau arah melepas, ini di maksud untuk memperbanyak udara di ventury.
  2. Pindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih kecil, lalu
  3. Ganti katup gas dengan menggunakan jarum yang berdiameter lebih besar.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda mengenai perbaikan dan penyetelan pada karburator dan pengenalan komponennya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar